Depan Menparekraf Sandiaga Uno Lakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Wisata Cibuntu

Menparekraf Sandiaga Uno Lakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Wisata Cibuntu

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. menerima Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang di dampingi artis cantik Cinta Laura dalam rangka terkait Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 pada Senin (30/3/2021) bertempat di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan.

Dalam kesempatan ini hadir diantaranya, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, M.Si. , Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indra Ni Tua, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Dedi Taufik M. Si. , Ketua CMI Cirebon, Dr. H. Asad Sp. THT. , BI Cirebon Deputi Bidang Infrastruktur Dan Pariwisata Kemen Parekraf, Peby Imam Permana, Ketua Komisi 2 DPRD Kab. Kuningan, Rani Febriahis.S., M. Hum, Danramil 1514, Kapten Inf Suherdi, S.A.P., Kapolres Kuningan, Akbp Doffie Fahlevi Sanjaya Sik. M.Si, dan Kepala Desa Cibuntu, H. Awam.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Mas Menteri beserta seluruh jajaran, saya sangat senang sekali dan berterimakasih yang setulus-tulusnya, telah hadir di tengah-tengah kita dalam rangka kunjungan kerja,” sambut hangat Bupati Acep.

Bupati Acep, yakin dengan kegiatan ini akan tumbuh inovasi dan motivasi untuk semua yang hadir pada saat ini, karena sesuai dengan visi Kabupaten Kuningan sendiri yakni, membangun pariwisata termaju berbasis desa.

“Semua potensi akan digali dan ditumbunkembangkan untuk membangun desa-desa kami menuju ketahan ekonomi dan kearifan lokal, kuningan sendiri memiliki target 25 desa wisata, tapi allhamdulilah sekarang sudah menjadi 47 desa wisata dengan sentuhan berbagai pihak yang selaras dengan Visi Jabar, yaitu jabar juara dengan inovasi dan kolaborasi,” tuturnya.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa, dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan bersama seluruh jajaran SKPD, stakeholder, pelaku usaha, dan pegiat berusaha untuk mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Agropolitan dan Wisata Termaju, “Dan ini kami tunjang lima tahun terakhir dengan visi Kuningan MAJU (Maju, Agamis Pinunjul) Berbasis Desa,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf RI, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan, “Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan di pilih sebagai lokasi sosialisasi, karena Desa Cibuntu dikenal sebagai juara di level ASEAN untuk pariwisata. Desa Wisata Cibuntu juga pernah menyabet sebagai Desa Wisata Terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay,” tuturnya.

Selain itu, pada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Disamping Desa Cibuntu, juga memiliki daya tarik wisata berupa air terjun, kolam renang, dan camping ground. Dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam Asri dengan berbagai fasilitas lengkap. Atraksi budaya juga menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Desa Cibuntu. Salah satunya tarian penyambutan pengunjung.

"Daya tarik lainnya, ada ekraf berupa suvenir kriya. Yaitu produk-produk kesenian yang terbuat dari pemanfaatan limbah kayu. Selain itu juga banyak tersedia homestay, sebagai tempat istirahat dan penginapan untuk wisatawan," imbuhnya.

Artis cantik, Cinta Laura juga mengajak kepada seluruh generasi muda, khususnya generasi muda kabupaten kuningan bahwa, jangan takut untuk bersuara, karena menurutnya, generasi muda lah yang potensi tinggi untuk membuat konten-konten kreatif, sehingga dapat memperlihatkan kebudayaan dan keindahan kabupaten kuningan untuk khal layak umum.

“Jadi jangan takut menjadi seseorang yang inovatif dan kreatif, karena kalian adalah harapan masa depan untuk Kabupaten Kuningan, mudah mudah desa-desa lain yang ada di Indonesia bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan hari ini, karena aku percaya bahwa wisata indonesia bisa bangkit lagi dengan kekuatan yang ada pada kita semua,” imbuhnya.

Sementara, artis lokal Kabupaten Kuningan, Ega Noviantika mengucapkan, kedepannya beliau akan membantu mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Kuningan melalui chanel youtubennya.

“Saya merasa bangga dan kaget ternyata Kuningan seindah ini, semoga kedepannya Kabupaten Kuningan lebih maju lagi,” tururnya.

Kunjungan kerja tersebut, sekaligus peresmian Pusat Ekraf Cibuntu secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang didampingi Bupati Kuningan.

(https://www.kuningankab.go.id/berita/menparekraf-sandiaga-uno-lakukan-ku...)